Indonesian Chinese (Simplified) English

Pengenalan Tibetan Buddhism

Wajrayana atau kadang ditulis Vajrayana, adalah suatu ajaran Buddha yang di Indonesia lebih sering dikenal dengan nama Tantra atau Tantrayana. Namun banyak juga istilah lain yang digunakan, seperti misalnya: mantrayana, ajaran mantra rahasia, ajaran Buddha eksoterik. Wajrayana adalah merupakan ajaran yang berkembang dari ajaran Buddha Mahayana, dan berbeda dalam hal praktek, bukan dalam hal fil...

Pengenalan Tentang Palyul

Apa itu palyul? Palyul adalah salah satu 6 Biara Induk ari Sekolah Nyingma atau Tradisi Terjemahan Awal dari Buddhisme Tibet. Biara ini didirikan pada tahun 1665 di Provinsi Kham, Tibet Timur (sekarang Baiyu, Sichuan, China) oleh Kunzang Sherab, Pemegang Tahta Pertama Palyul. His Holiness Karma Kuchen Rinpoche (kiri), Pemegang Tahta ke-12 adalah Pemimpin Silsilah Palyul saat ini. Sebagaimana ya...

Selasa, 22 November 2016 09:12

Manfaat dan Pahala Pradaksina

Written by
Rate this item
(0 votes)

Manfaat dan pahala yang diperoleh dari melakukan pradaksina (mengelilingi) Gambar dan Stupa Suci dari Tubuh, Ucapan dan Pikiran Buddha adalah sebagai berikut:

Seperti yang dinyatakan dari Stanza Pradaksina;
"Pahala dari berpradaksina, di seluruh Stupa Sang Buddha, tidak dapat dijelaskan dengan sempurna, melalui dimensi kata-kata belaka."

Dan selajnutnya dinyatakan;
"Pahala yang diperoleh oleh seseorang berpradaksina pada Stupa Buddha, tidak akan tertandingi, bahkan dengan memuji para Buddha untuk sepuluh juta kalpa."

Dan juga:
"Dengan berpradaksina pada Stupa orang yang tercerahkan, Seseorang akan dapat mengatasi 8 kondisi yang tidak menguntungkan.
Dengan berpradaksina pada Stupa orang yang tercerahkan, Seseorang akan diberkahi kesadaran dan kecerdasan; Seseorang akan diberkahi keadilan dan sikap bijaksana; Seseorang akan dipuji oleh semua orang sepanjang waktu, dimanapun.
Denga berpradaksina pada Stupa orang yang tercerahkan, Seseorang akan dilahirkan sebagai dewa dan manusia dengan memiliki rentang umur yang panjang dan ketenaran yang agung."

Text Vinayana menyatakan;
"Kebajikan dengan pikiran bakti yang mendalam: Siapa yang berjalan mengitari Stupa Sang Buddha adalah setara dengan beratnya seratus ribu pon emas."

Sebagaimana yang dinyatakan dari Formula Magical Pradaksina,
"Hormat kepada Buddha Rinchen Gyaltshen! Melafalkan mantra 'Namo Bagavatay Ratna Kaytu Razaya, Tatha Gataya, Arhatay, SamnyaSam Bhudhaya, Tayatha, Om Rathnay Rathnay Maha Rathnay Rathna Bezaya Sawahaa', dan berpradaksina hanya sekali saja akan memperoleh pahala setara dengan pradaksina yang tak terhtung jumlahnya."

Juga, jika seseorang melafalkan mantra ini dan berpradaksina pada Stupa dari Tubuh, Ucapan dan Pikiran Buddha, itu dinyatakan secara ekstensif bahwa manfaat dan pahala adalah sangat besar. Denga demikian, ini sangat penting bagi kita semua untuk berlatih dengan cara ini.


*Sumber: Palyul Times Edisi Kelima Nov 2012

Dibaca 3136 kali Last modified on Selasa, 22 November 2016 09:29

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Three things cannot be long hidden: the sun, the moon, and the truth.

"Buddha"

Jadwal Acara

Copyright © 2016 - Palyul Nyingma Indonesia - All Rights Reserved

Pengunjung: 00000529